Oktober 21, 2020

BERITA TERBARU FORMULA 1

Berita Formula 1 / Jadwal Formula 1 / Klasemen Formula 1 / Hasil Formula 1

Lewis Hamilton BreonnaTaylor

FIA Tidak Ingin Selidiki Perkara Kaos yang Dikenakan Lewis Hamilton

Berita Formula 1 – Federasi Automobil Internasional (FIA) dinyatakan tidak lakukan penyelidikan pada kaos tertulis pesan antirasialisme yang dikenai oleh rider Mercedes, Lewis Hamilton.

Dikabarkan awalnya, Lewis Hamilton kembali lagi memperlihatkan dominasinya pada ajang balap Formula 1 alias F1 dengan memenangkan balapan yang berjalan di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (13/9/2020).

Waktu naik ke podium jawara, Lewis Hamilton memakai peluang itu dengan menggunakan kaos antirasialisme yang mengarah ke tindakan brutal polisi pada masyarakat kulit hitam di Amerika Serikat (AS).

Hamilton kenakan kaos berwarna hitam dengan tulisan “Arrest the cops who killed Breonna Taylor” dibagian depan serta muka Breonna Taylor komplet dengan tulisan “Say her name” dibagian belakang.

Lewis Hamilton

Sikap yang diperlihatkan Hamilton membuat FIA berasa perlu mengetahui apa keputusannya mengenakan kaos itu berbentuk politis atau tidak.

Pasal 1.2 Kode Etik Olahraga Internasional FIA mengatakan beberapa peserta balapan tidak boleh memakai mobil mereka untuk memperlihatkan iklan yang berbentuk politik serta keagamaan atau menunjukkan prasangka.

Tetapi, pasal itu tidak memberikan batasan untuk para rider.

Hamilton sendiri memperoleh dukungan penuh dari Mercedes untuk sikapnya.

“Kami tidak membawa politik ke F1. Tetapi, masalah ini ialah permasalahan hak asasi manusia yang ingin kami bawa serta serukan. Itu perbedaannya,” demikian bunyi pengakuan resmi Mercedes.

Lewis Hamilton Manfaatkan Ketenaran yang Diiliki untuk Bersuara

Lewis Hamilton secara bertepatan merupakan salah satu pembalap kulit hitam di Formula 1 musim ini.

Ia juga sering memanfaatkan posisinya sebagai olahragawan elite untuk mengatakan desas-desus mengenai komunitas kulit hitam.

Dalam upload di Instagram, pembalap Inggris Raya ini menjelaskan tidak akan menghentikan kegiatannya itu.

“Saya tidak akan berhenti memakai platform saya untuk menyuarakan nilai yang saya kira benar. Saya mengucapkan terima kasih untuk semuanya yang memberikan dukungan, namun ini perjalanan untuk kita mempertanyakan dunia untuk semua ketidakadilan,” sebut Hamilton.

error: